Red Sisho Syrup


Pernah mendengar daun Sisho? Pertama kali mendengar nama daun Sisho saat saya tinggal di Jepang. Bu Komori, ibu sekaligus nenek angkat anak anak saya,  mengajak saya membuat sirup dari daun sisho. Jujur waktu itu benar benar heran,  emang bisa membuat sirup dari daun? Dan ternyata memang bisa!

Sisho atau Perilla frutescens adalah sejenis daun herbal yang banyak dijual di departemen store atau supermarket di Jepang. Biasanya sering dipakai untuk campuran salad, atau ditambahkan ketika kita makan nato yang dicacah dll. Tapi ternyata sisho juga bisa loh dibuat sirup dan kata bu Komori sangat menyehatkan.

Cara membuatnya cukup mudah.
Bahan :
500 gr Daun Sisho merah (ada Sisho hijau juga, tapi kita pilih yang warna merah)
2 liter air
800 gr gula atau graniu (gula halus)
30 gr kuensan (sejenis citrun)

Cara membuat :
1. Rebus air sampai mendidih
2. Cuci daun siso, keringkan dari air cucian tadi.
3. Setelah mendidih, masukan daun sisho, aduk sebentar. Rebus daun sisho selama 10 - 15 menit (daun sisho merah akan berubah menjadi hijau karena zat merah didaun melebur di air rebusan)
4. Setelah itu angkat rebusan daun sisho, saring.
5. Masukan air saringan daun sisho kedalam panci
6. Masukan gula pada air saringan daun sisho yang masih panas, aduk sampai gula larut
7. Masukan juga kuensan, aduk sampai rata
8. Dinginkan
9. Setelah dingin, simpan sirup sisho di dalam botol.
10. Lama penyimpanan dalam lemari pendingin 1 tahun.

Cara Penggunaan :
1.Untuk diminum begitu saja sebagaimana sirup, tuang sirup sisho 5 sendok makan, campurkan dengan air dingin. Dapat ditambahkan dengan es batu jika ingin lebih dingin.
2. Untuk tambahan es kaki gori, tambahkan secukupnya.
__

Credit foto slide1 dari Yume Boshi dot com

Comments

  1. kalau ga salah kalau di indonesia namanya daun perila kan ya mbak? ada di resto sushi biasanya tapi jarang nemu sih hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum pernah menemukannya di Indonesia kak. Oh namanya juga sama ya, perila. Siap kak, ingin membuat lagi sirup seperti ini.

      Delete
  2. daun sihso apakah sama dengan jawer kotok kayanya mirip gitu bentuknya, ternyata banyak banget khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan ya ummi,

    ReplyDelete
  3. Aku pernah lihat di supermarket makanan Jepang mba yg di Melawai. Lupa namanya apa ya..itu terkenal. Ada nih daun Sisho aku pernah lihat cuma mehong harganya ehehe

    ReplyDelete
  4. Kalo nama daun perila lebih ngeh sih. Hehe , baru tau jg nih klo daun bisa dijadiin sirup kayak gini.

    ReplyDelete
  5. Daun Sisho ini hanya ada di Jepang saja berarti ya mbak? Kebetulan saya ada keluarga yang tinggal disana dan jadi penasaran sih dengan Sisho ini. Kalau menurut Winda di Indonesia sebutannya daun Perila, coba nanti cari di supermarket Papaya yang khusus makanan Jepang itu.

    ReplyDelete
  6. Setahuku daun ini juga suka ada dalam lalapan korea (ssambab) ya gak sih? Rasanya unik banget kayak bau bedak2 gitu.

    Kalo dalam kosmetik aku pernah pake the body shop shiso bb cream dl. hehe..

    ReplyDelete
  7. Daun sisho...aku baru dengar ini.
    Unik namanya yaa..mungkin kalau lihat rupanya beneran, aku jadi lebih paham.
    Apa di Indonesia ada?

    ReplyDelete
  8. It tastes good indeed. We can actually request that in Japanese restaurant here. Or Japanese supermarket

    ReplyDelete
  9. Simpel banget ya ternyata bikin sirup dari daun sisho, aku belum pernah nemu daun begituan di tempat tinggalku sini Mba. Kalau dengan daun lain apa bisa ya, hehehhe jadi pengen bikin sirup sendiri karena lebih aman kan

    ReplyDelete
  10. daun perilla bukan ini sih mba? yang aku tau manfaatnya emang bagus banget buat kesehatan gitu. tapi aku belum pernah melihat rupanya secara langsung sih :)

    ReplyDelete
  11. Resepnya bisa dicoba untuk dijual nih mba....coba dipasarkan, dengan catatan daun perila nya mudah didapat ya hehehe.

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu daun shiso tapi belum bisa membayangkan rasanya . Pengen cobain sirupnya jadinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, selamat datang di dapur ummi dan salam kenal. Silakan sematkan komentar agar saya tahu artikel ini bermanfaat. Terima kasih.