Ummi No Daidokoro

All about kitchen and healthy food

Dapur Ummi

Tips Cara Menghilangkan Bau Masakan pada Pakaian

Tips cara menghilangkan bau masakan pada pakaian. Umi suka sekali menyajikan menu masakan yang enak dan bergizi bagi anak-anak. Juga menyukai pewangi pakaian dan rumah yang bersih dan wangi. Dua hal ini mejadi fokus umi di rumah karena keduanya adalah hal penting yang harus diperhatikan. 

Tips cara menghilangkan bau masakan pada pakaian
Terkadang ekspektasi dan kenyataan beda jauh dari harapan. Memasak masakan enak dan lezat memang menyenangkan, namun juga membuat ruangan menjadi bau rempah dan bau bawang memenuhi ruangan. 

Belum lagi asap pembakaran dari kompor dan minyak goreng. Apalagi pas menggoreng sambel terasi atau ikan teri, wow, ruangan menjadi luar biasa "wangi"!

Dulu saya tidak terlalu memperhatikan hal-hal seperti bau-bauan ini, tapi seiring berjalannya waktu, ternyata memiliki kepedulian pada bau-bauan ini membuat hidup lebih nyaman dan jauh dari stress.

Terkadang saya juga mencium diri sendiri, bau bekas masakan bercampur dengan keringat saya, menghasilkan bau yang luar biasa. Setelah itu biasanya saya mandi dan berganti pakaian.

Namun, tetap saja, ruangan di sekitar dapur, sofa, gorden, lap, semuanya sudah terkontaminasi bau-bauan dari hasil masakan. 

Akhirnya saya berusaha mencari cara mencegah bau masakan pada pakaian dan ruangan. Hal ini agar anak-anak dan suami pun menjadi nyaman tinggal di rumah. 

Jadi bagaimana cara megnhilangkan bau masakan pada pakaian? Baca terus infonya di sini yaa.

6 Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Masakan pada Pakaian

Beberapa tips ini bisa disesuaikan dengan keadaan ruangan dapur di rumah masing-masing, yaa. Tips ini saya sarikan dari pengalaman saya ketika tinggal di Jepang, di Malaysia dan di Indonesia.

1. Nyalakan kipas dapur (exhaust fan) sebelum memasak. 

Dapur saya ketika saya tinggal di Jepang ada exhaust fannya. Dulu saya seringkali melakukan kesalahan dalam menyalakan exhaust fan. Saya menyalakannya ketika menggoreng. Padahal sebaiknya kipas dinyalakan sebelum bersiap untuk memasak karena bau bumbu dapar, seperti bawang yang dikupas, rempah blender, minyak goreng, minyak tumis, telah menyeruak keluar. Sehingga disarankan untuk menyalakan kipas sebelum bau menyergap ruangan dapur dan ruangan lainnya.

Jadi setelah saya mengetahui kesalahan tersebut, saya berusaha untuk membuka kipas dahulu sebelum melakukan aktivitas di dapur. Exhaust fan membantu menyedot semua bau-bauan di dapur dan membuat ruangan sekitarnya bebas dari asap dari masakan yang kita buat.

Jangan lupa membersihkan exhaust fan secara berkala, agar fan tidak kotor dan berlemak dari sisa sedotan udara di sekitar dapur.

2. Membuka jendela dapur dan menutup pintu ruangan lain. 

Hal ini bisa mengurangi bau masakan di dapur dan mengeluarkan asap kompor keluar dari dapur. Sirkulasi udara yang baik akan membuat kita memasak juga dengan perasaan yang lapang karena mendapatkan udara segar yang didapatkan dari luar.

Membuka jendela waktu udara dingin pun bisa menetralisir udara panas karena masakan di dalam ruangan dapur. 

3. Pakai filter udara atau air purifier untuk membersihkan udara

Air purifier menyedot udara kotor di ruangan dan mengeluarkannya kembali dalam keadaan yang sudah bersih. Air purifier harus dilakukan di tempat tertutup agar kerjanya menjadi efektif. 

4. Nyalakan lilin bearoma terapi di dalam ruangan

Hal ini untuk meminimalisir bau dalam ruangan keluarga yang terpapar oleh bau masakan atau bau bawang dari dapur. 

Tidak perlu lama menyalakan lilin aroma ini, sampai bau tak sedap kabur dari rumah, umi rasa sudah cukup. Tapi, jangan lupa ya, tetap perhatikan lilin-lilin ini dari jangkauan anak-anak atau jangan tinggalkan rumah dengan lilin aroma yang masih dinyalakan karena berbahaya akan menimbulkan kebakaran.

5. Semprot ruangan dengan pewangi ruangan

Langkah lainnya adalah menyemprot ruangan dengan sprayer berisi pewangi favorit keluarga. Pada masa pandemi malah beredar sprayer yang lengkap dengan anti bakteri dan anti virus. 

6. Pakai pewangi pakaian terbaik

Cara ini saya lakukan untuk mengusir bau dari pakaian, celemek dan lap-lap di dapur yang terpapar bau masakan dan rempah-rempah.

Sekarang kita tidak perlu cemas dengan bau-bauan yang tak sedap. Kalau dulu, kita mencuci pakaian kita dengan sabun batangan atau sabun colek.

Seiring perkembangan teknologi sabun cuci sudah sekaligus dengan pelembut pakaian dan pewangi pakaian. Jadinya mudah sekali merawat pakaian dan tidak membuat tangan kita merah atau terkelupas karena kepanasan menggunakan sabun cuci.

Molto Korean Strawberry

pewangi pakaian

Salah satu pewangi pakaian terbaik dan pelembut pakaian terbaik andalan saya adalah Molto. Dari dulu saya menggunakan molto untuk rendaman terakhir cucian pakaian dan kain-kain di rumah saya.

Wanginya khas sekali dan tahan lama hingga berhari-hari.

Baru-baru ini Molto Indonesia melaunching aroma molto terbaru, yaitu Molto Korean Strawberry. Korean Strawberry ini adalah ikon budaya Korea Selatan. Wah, tentu penyuka drama Korea sangat tersanjung sekali aroma Korean Strawberry ada di dalam rumah.

Pewangi pakaian korea ini wanginya pun bisa tahan hingga 21 hari, lama banget, kan? Padahal harganya juga terjangkau banget. 1 Pouch Molto Korean Strawberry ukuran 680 ml ini cuma IDR 16.900 sahaja.

Keunggulan Molto Korean Strawberry

Keunggulan Molto mah tidak diragukan lagi, yaa. Selama bertahun-tahun umi menggunakan Molto untuk pewangi pakaian dan pelembut pakaian di rumah ini. 

Pewangi pakaian Korea Molto Korean Strawberry ini memiliki keunggulannya 7x lebih wangi dan 7x lebih anti 7 jenis bau tak sedap seperti bau keringat, bau badan, bau amis, bau asap, bau bawang, bau polusi dan bau apek.

Jadi, sekarang Umi tidak pernah resah lagi setiap kali masak, karena ada pewangi pakaian terbaik yang membantu umi mengusir bau-bau di sekitar dapur dan rumah. Molto Korean Strawberry #wanginya bikin jatuh cinta.

Nah, selain Molto Korean Strawberry ada produk Unilever lainnya yang juga menggunakan aroma Korean Strawberry, yaitu:

Rinso Korean Strawberry

Pelembut pakaian terbaik

Rinso sebagai sabun pencuci yang terkenal sejak umi masih balita ini memang menjadi andalan setiap ibu rumah tangga. Baunya harum dan busanya melimpah. Cucian juga cepat bersih dan lembut di tangan.

Dengan aroma Korean Strawberry, rinso memberikan kenyamanan bagi pemakainnya karena wanginya yang segar dan manis. 

Ibarat lagi nyuci terus dikasih cemilan strawberry segar, duh, jadi kebayang kan senangnya. Apalagi bungkusnya itu, strawberrynya menggoda sekali!

Superpell Korean Strawberry

Pewangi pakaian terbaik
Superpell membuat keseluruhan ruangan menjadi bersih dan wangi. Wanginya tahan selama 8 jam dan ini membuat orang di rumah menjadi betah tinggal di rumah.

Apalagi umi, jadinya betah berlama-lama di dapur karena dapur menjadi bersih dan wangi.

Sunlight Extra Korean Strawberry 

Pewangi pakaian korea
Sabun pencuci piring andalan umi ini makin membuat umi merasa senang dan bahagia setiap kali mencuci piring. Dengan aroma Korean Strawberry dan campuran jeruk nipis, membuat piring dan alat dapur menjadi cepat bersih, kesat dan wangi. Bau amis pun bye-bye.

Nah, itulah sekelumit tips cara menghilangkan bau masakan pada pakaian ini semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Dengan pewangi pakaian korea Molto Korean Strawberry selalu ada solusi untuk menghasilkan wangi pada pakaian dan ruangan sepanjang hari. 

Cus ke Tokopedia untuk mendapatkan pewangi pakaian korea ini sebelum kehabisan ya.

Resep Kue Ape ala Rumahan

Resep Kue Ape ala Rumahan. Beberapa bulan ini, umi melarang anak-anak untuk jajan di luar. Sudah hampir setengah tahun pandemi belum usai juga. Dimulai sejak awal bulan Maret lalu, ketika pertama kali diumumkan di Indonesia ada dua orang yang terpapar virus Corona, sehingga saya memutuskan tidak jajan di luar dulu sampai keadaan sudah dinyatakan bebas virus Corona.

Lalu, anak-anak mulai mengeluh, ingin makan Pizza lah, ingin makan martabak lah, cilok,, dan satu lagi kue Ape. Tahukah, anak-anak, umi juga kangen semua jajanan itu huhu tambahan lagi Soto Mie Bogor, Bakso Aci, Asinan, duh nulisnya aja sampai ngeces inih ....

Dulu anak-anak membeli Kue Ape sepulang sekolah. Di dekat sekolahnya ada abang penjual Kue Ape. Kalau kalian jalan-jalan ke Bogor, penjual kue Ape ini berjualan persis di depan Toko Sinar Matahari. Kalau dari stasiun Bogor, tinggal menyeberang di jembatan penyebrangan ke arah PLN, lalu berjalan ke arah Sinar Matahari atau ke arah Kantor Kepolisian Kota Bogor. Harganya cukup murah, satu kue Ape hanya Rp1.000,00 sahaja.
 

Kue Ape abang-abang

Agar kangen terobati, lalu kami mencari resep membuat semua jajanan yang disebutkan. Kalau Pizza sih memang sudah sering membuat. 


Nah, akhirnya kami browsing resep kue Ape. Awalnya gagal gitu deh. Namanya juga baru belajar ya, tentu ada gagalnya juga. Lalu setelah beberapa kali membuat, sudah lumayan, lah, meskipun bentuknya gak sama dengan yang dijual sama abang-abang, tapi enak dan mengobat rindu.
 

Gagal dikit, tapi enak kok


Berikut ini resepnya, ya.

RESEP KUE APE


Bahan-bahannya:

  • 200 gram tepung beras 
  • 1 sendok teh baking powder 
  • 100 gram tepung terigu protein sedang 
  • 400 ml air 
  • 25 ml air daun suji yang diperoleh dari 25 lembar daun suji serta 2 lembar daun pandan 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 8 tetes pasta pandan 
  • 175 gram gula pasir

CARA MEMBUAT KUE APE



1. Masukan tepung terigu, tepung beras, baking powder dan garam ke dalam wadah. Aduk semua bahan tersebut sampai merata. 

2. Setelah itu, masukan gula. Lalu tambahkan setengah dari air yang sudah anda siapkan sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan menggunakan tangan selama kurang lebih 15 menit. Uleni bahan-bahan tersebut sampai merata. 

3. Selanjutnya, masukan sisa air. Tambahkan juga air daun suji sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai merata dan menyatu. 

4. Terakhir, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat. 

5. Nyalakan kompor dengan api besar. Lalu simpan wajan khusus kue ape di atasnya. Olesi wajan tersebut dengan menggunakan minyak. Kemudian, tuangkan adonan satu centong sayur yang kecil. Tekan bagian tengah kue ini sampai sisinya berkulit, lalu tutup. 

6. Kecilkan api kompor dan tunggu hingga kue Ape ini benar-benar matang.

7. Angkat dan sajikan.

Sebenarnya kesuksesan membuat Kue Ape ini disponsori oleh wajan kecil khusus membuat Kue Ape ini. Semakin melengkung, semakin sukses. Rasanya manis, legit dan garing. Anak-anak suka banget.
 

Wajan Kue Ape abang-abang (credit go pawon)        
 
 
Jadi, salah satu hikmah yang saya garis bawahi dari pandemi ini, kami jadi keluarga kreatif. Karena berhasil memecahkan masalah kangen sama kue Ape ini hehe

Semoga pandemi segera usai dan bisa membeli kue Ape lagi. Kata teman saya, selagi bisa membeli, kenapa harus bikin .. ish ish ish .. sesekali boleh lah yaa. Tapi saya tetap mengutamakan membuat makanan sendiri di rumah, agar anak-anak semakin survive dalam menghadapi segala macam bencana.

Makaroni Chicken Nugget Dino Bites So Good Carbonara

 
Makarono Chicken Nugget Dino Bites So Good Carbonara. Akhir-akhir ini anak-anak sedang malas makan nasi. Dimasakin apa saja, nasinya cuma sedikit. Sementara lauknya dicemilin. Ya, gapapa sih, tapi tentu saja akan ada yang kurang makan tanpa karbohidrat, jadi mereka lapar terus  ... kapan umi istirahat, dongg. Ke dapur teruss.

Kalau sudah begini, Ummi, jadi merasa tertantang (sebelumnya marah marah sih hahha). Sepertinya, anak-anak suka makan makaroni panggang.

Jadi, ummi membuatkan makaroni chicken nugget Dino Bites So Good, saja. Iya, beruntung saya selalu menyediakan stok olahan siap saji dari So Good ini.  Saya suka produk SO Good ini karenapertama sudah bersertifikat halal dan kedua mudah dalam pengolahannya dan penyimpanannya.

Makaroni ini ummi oseng sebentar dengan saus karbonara dan dicampur dengan chicken nugget Dino Bites So Good. 

Alhamdulillah anak-anak suka dengan olahan siap saji dari So Good. Variannya juga banyak, seperti bakso, stick, nugget, seafood, dan sosis. Saya selalu membaca perkembangan produk SO Good di web So Good. Juga mengikuti laman medsosnya di IG: @sogoodid

Cara membuat makaroni saus carbonara ini mudah sekali.  Ini Ummi share resepnya, ya. Siapa tahu ada yang memerlukan ide memasak makaroni yaa.



Resep Makaroni Chicken Nugget Dino Bites So Good with Carbonara




Bahan Membuat Makarono Chicken Nugget Dino Bites So Good Carbonara

1bungkus makaroni
3 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
chicken nugget Dino Bites, goreng hingga keemasan, potong sesuai selera
100 gr Saus carbonara

Cara membuatnya:

  1. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum.
  2. Masukan saus carbonara, aduk hingga rata
  3. masukan makaroni
  4. masukan chicken nugget dino bites, aduk hingga rata
  5. Sajikan selagi hangat.

Nah, bagaimana? cukup mudah, bukan? selamat mencoba!

Red Sisho Syrup

Red sisho syrup

Red Sisho Syrup. Pernah mendengar daun Sisho? Pertama kali mendengar nama daun Sisho saat saya tinggal di Jepang. Bu Komori, ibu sekaligus nenek angkat anak anak saya,  mengajak saya membuat sirup dari daun sisho. Jujur waktu itu benar benar heran,  emang bisa membuat sirup dari daun? Dan ternyata memang bisa!

Sisho atau Perilla frutescens adalah sejenis daun herbal yang banyak dijual di departemen store atau supermarket di Jepang. Biasanya sering dipakai untuk campuran salad, atau ditambahkan ketika kita makan nato yang dicacah dll. Tapi ternyata sisho juga bisa loh dibuat sirup dan kata bu Komori sangat menyehatkan.
Daun Sisho

Cara membuatnya cukup mudah.

Resep Minuman Red Sisho Syrup


Bahan :


500 gr Daun Sisho merah (ada Sisho hijau juga, tapi kita pilih yang warna merah)
2 liter air
800 gr gula atau graniu (gula halus)
30 gr kuensan (sejenis citrun)

Cara membuat :

1. Rebus air sampai mendidih
2. Cuci daun siso, keringkan dari air cucian tadi.
3. Setelah mendidih, masukan daun sisho, aduk sebentar. Rebus daun sisho selama 10 - 15 menit (daun sisho merah akan berubah menjadi hijau karena zat merah didaun melebur di air rebusan)
4. Setelah itu angkat rebusan daun sisho, saring.
5. Masukan air saringan daun sisho kedalam panci
6. Masukan gula pada air saringan daun sisho yang masih panas, aduk sampai gula larut
7. Masukan juga kuensan, aduk sampai rata
8. Dinginkan
9. Setelah dingin, simpan sirup sisho di dalam botol.
10. Lama penyimpanan dalam lemari pendingin 1 tahun.

Cara Penggunaan :

1.Untuk diminum begitu saja sebagaimana sirup, tuang sirup sisho 5 sendok makan, campurkan dengan air dingin. Dapat ditambahkan dengan es batu jika ingin lebih dingin.
2. Untuk tambahan es kaki gori, tambahkan secukupnya.
__

Credit foto slide1 dari Yume Boshi dot com

Resep Pizza Tanpa Telur



Pizza tanpa telur? Apa itu? Pizza tanpa telur adalah dough pizza yang dibuat tanpa menggunakan telur sebagai salah satu bahan baku adonannya. Sudah pernah membuat dough Pizza tanpa telur?

Belum pernah? Sini .. sini Ummi kasih tahu ya.

Pizza tanpa telur ini gampang banget membuatnya. Ummi selalu membuatnya bersama anak-anak. Sambil bermain jadi deh pizza. Topping bisa suka suka. Kalau sudah jadi dough, pizza bisa dibuat apa saja, tergantung selera anak-anak. Dan yang penting, halal dan kebersamaannya yang membuat hasil masakan menjadi bertambah lezat dan penuh cinta.

Ini dia resepnya.

RESEP PIZZA TANPA TELUR


Bahan:


Bahan A:


1 gelas air
11 gram Yeast atau ragi (1 sachet)
1 sdt gula

Bahan B:


3 gelas terigu
seperempet gelas minyak
1 sdt garam

Bahan C:


1 buah bawang bombai, iris membulat tipis, sisihkan
sosis potong potong sesuai selera
keju mozarela secukupnya
pizza herb secukupnya
paprika merah dan paprika kuning secukupnya



pizza tanpa telur, www.umminodaidokoro.blogspot.com


Cara:


1. Campurkan bahan A di dalam sebuah wadah/gelas, aduk hingga rata.
2. Campurkan bahan B di dalam baskom ukuran sedang, aduk hingga rata.
3. Masukkan bahan A ke dalam bahan B, uleni hingga kalis. Kalis ditunjukkan dengan tidak ada adonan yang melekat di tangan.
4. Tutup adonan dengan lap basah. Diamkan kurang lebih 30 menit, hingga mengembang 2x
5. Jika sudah mengembang, tinju bagian tengah adonan agar gasnya hilang. Kemudian bagi 3 adonan.
6. Ratakan adonan di loyang yang sudah diolesi mentega.
7. Tusuk-tusuk adonan yang sudah diratakan di dalam loyang.
8. Beri saus tomat, ratakan. lalu taburi dengan Pizza Herb. Hiasi dengan toping bahan C.
9. Panggang dalam oven dengan suhu 250 decel selama 20 menit.
10. Angkat dan taburi dengan keju mozarella. panggang lagi selama 5 menit.
11. Angkat dan siap disajikan selagi panas.

pizza herb. credit: herbstoponlinedotcom  

 

 For your information, pizza herb ini berkhasiat banget untuk kesehatan kamu, karena merupakan campuran berbagai macam rempah yang tak hanya membuat aroma khas pizza saja tetapi juga membuat tubuh kita sehat dan bugar.

Untuk mendapatkan Pizza Herb, kamu bisa membelinya di supermarket di dekat rumah kamu, atau membeli online. Kamu juga bisa menanyakan kepada Bunda Saki untuk resep pizza menggunakan wajan anti lengket atau teflon.

Nah, bagaimana? mudah sekali ya membuat pizza tanpa telur ini. InsyaAllah kamu yang alergi telur akan aman makan pizza buatanmu sendiri.

Selamat mencoba ^_^






Resep Kolak Pisang



Kolak Pisang. Sudah masuk Ramadan 10 hari terakhir. Bagaimana puasanya hari ini? semoga makin bersemangat ya.

Ummi ingin bercerita sedikit nih tentang hidangan iftar untuk berbuka puasa. Biasanya kita berbuka dengan yang manis-manis dulu ya. Nah, salah satu hidangan yang selalu menjadi pembuka dalam berbuka puasa adalah Kolak Pisang. 

Kemarin Ummi membuat kolak pisang, alhamdulillah setelah ratusan purnama, Ummi bisa berbuka puasa kembali dengan kolak pisang Oli. Dulu waktu tinggal di Malaysia, Ummi gak pernah menemukan pisang Oli. Pisang Oli hanya ada di Indonesia (yeeyy). Jadi ketika menemukan pisang Oli itu seperti menemukan harta karun heuheu

Pisang dipercayai menjadi sumber tenaga yang berkhasiat. Banyak manfaat yang bisa diambil dari makan buah pisang. Pisang bisa dimakan begitu saja, seperti Pisang Ambon, Pisang Lampung/Pisang Emas atau Pisang Siam. Tapi ada juga pisang yang harus diolah dahulu, agar ketika dimakan menjadi lebih nikmat. Seperti pisang tanduk, pisang nangka, pisang oli dan pisang kepok.

Ini dia gambar beberapa jenis pisang yang bisa diolah menjadi kolak pisang, pisang rebus dan goreng pisang.
 

Macam-macam Pisang


1. Pisang Tanduk


pisang tanduk (credit pleibilongtumi)  
 
Pisang Tanduk ini mungkin dinamakan pisang tanduk karena bentuknya seperti tanduk sapi. Kulitnya agak tebal dan isi daging pisang pun tebal. Jika dijadikan pisang goreng atau kolak, enak, gurih dan mengenyangkan.

2. Pisang nangka


pisang nangka (credit tanamanbuah)  
 
Penampakannya mirip dengan pisang ambon lumut, tapi jangan terkecoh ya, pisang nangka ini keras, tidak lembut seperti pisang ambon. Pisang ini pun lebih enak dimasak, dibandingkan dimakan mentah.

3. Pisang Oli


pisang Oli (credit pasarminggu)

 
Pisang Oli rasanya enak jika dibuat kolak atau dibuat pisang goreng. Rasanya legit dan sangat kenyal. 

4. Pisang Kepok


pisang kepok (credit jurnalbuah)


 
Pisang kepok juga rasanya enak jika direbus, dikolak dan digoreng. Rasanya kenyal dan manis.

Pisang-pisang di atas bisa dibuat kolak. Selain memberikan tenaga untuk yang baru berpuasa, juga bisa melancarkan pencernaan.

Nah, Ummi ini Ummi share resep Kolak Pisang Oli. Cara mengolahnya cepat dan bisa disambi dengan pekerjaan yang lain. Tapi, ketika menuangkan santan, jangan ditinggal ya. Santan tak perlu sampai menggolak, cukup sampai larut menyatu dengan kolak, matikan kompor dan angkat.

Resep Kolak Pisang


Bahan:

10 buah Pisang Oli (potong menjadi 2 bagian)
Kolang-kaling secukupnya (potong sesuai selera)
Gula merah (10 buah)
Santan Kara (1 bungkus)
sedikit garam
air secukupnya
2 lembar daun pandan

Cara membuat:

Didihkan air dan daun pandan, kemudian masukan pisang dan kolang kaling. Masak hingga pisang matang (jangan terlalu lembek ya). Kemudian masukan gula dan garam. aduk hingga gula mencair. Masukan santan. Angkat. Sajikan selagi hangat.

Selamat mencoba!


Back To Top