All about kitchen and healthy food

Dapur Ummi

Resep Kue Ape ala Rumahan

Resep Kue Ape ala Rumahan. Beberapa bulan ini, umi melarang anak-anak untuk jajan di luar. Sudah hampir setengah tahun pandemi belum usai juga. Dimulai sejak awal bulan Maret lalu, ketika pertama kali diumumkan di Indonesia ada dua orang yang terpapar virus Corona, sehingga saya memutuskan tidak jajan di luar dulu sampai keadaan sudah dinyatakan bebas virus Corona.

Lalu, anak-anak mulai mengeluh, ingin makan Pizza lah, ingin makan martabak lah, cilok,, dan satu lagi kue Ape. Tahukah, anak-anak, umi juga kangen semua jajanan itu huhu tambahan lagi Soto Mie Bogor, Bakso Aci, Asinan, duh nulisnya aja sampai ngeces inih ....

Dulu anak-anak membeli Kue Ape sepulang sekolah. Di dekat sekolahnya ada abang penjual Kue Ape. Kalau kalian jalan-jalan ke Bogor, penjual kue Ape ini berjualan persis di depan Toko Sinar Matahari. Kalau dari stasiun Bogor, tinggal menyeberang di jembatan penyebrangan ke arah PLN, lalu berjalan ke arah Sinar Matahari atau ke arah Kantor Kepolisian Kota Bogor. Harganya cukup murah, satu kue Ape hanya Rp1.000,00 sahaja.
 

Kue Ape abang-abang

Agar kangen terobati, lalu kami mencari resep membuat semua jajanan yang disebutkan. Kalau Pizza sih memang sudah sering membuat. 


Nah, akhirnya kami browsing resep kue Ape. Awalnya gagal gitu deh. Namanya juga baru belajar ya, tentu ada gagalnya juga. Lalu setelah beberapa kali membuat, sudah lumayan, lah, meskipun bentuknya gak sama dengan yang dijual sama abang-abang, tapi enak dan mengobat rindu.
 

Gagal dikit, tapi enak kok


Berikut ini resepnya, ya.

RESEP KUE APE


Bahan-bahannya:

  • 200 gram tepung beras 
  • 1 sendok teh baking powder 
  • 100 gram tepung terigu protein sedang 
  • 400 ml air 
  • 25 ml air daun suji yang diperoleh dari 25 lembar daun suji serta 2 lembar daun pandan 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 8 tetes pasta pandan 
  • 175 gram gula pasir

CARA MEMBUAT KUE APE



1. Masukan tepung terigu, tepung beras, baking powder dan garam ke dalam wadah. Aduk semua bahan tersebut sampai merata. 

2. Setelah itu, masukan gula. Lalu tambahkan setengah dari air yang sudah anda siapkan sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan menggunakan tangan selama kurang lebih 15 menit. Uleni bahan-bahan tersebut sampai merata. 

3. Selanjutnya, masukan sisa air. Tambahkan juga air daun suji sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai merata dan menyatu. 

4. Terakhir, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat. 

5. Nyalakan kompor dengan api besar. Lalu simpan wajan khusus kue ape di atasnya. Olesi wajan tersebut dengan menggunakan minyak. Kemudian, tuangkan adonan satu centong sayur yang kecil. Tekan bagian tengah kue ini sampai sisinya berkulit, lalu tutup. 

6. Kecilkan api kompor dan tunggu hingga kue Ape ini benar-benar matang.

7. Angkat dan sajikan.

Sebenarnya kesuksesan membuat Kue Ape ini disponsori oleh wajan kecil khusus membuat Kue Ape ini. Semakin melengkung, semakin sukses. Rasanya manis, legit dan garing. Anak-anak suka banget.
 

Wajan Kue Ape abang-abang (credit go pawon)        
 
 
Jadi, salah satu hikmah yang saya garis bawahi dari pandemi ini, kami jadi keluarga kreatif. Karena berhasil memecahkan masalah kangen sama kue Ape ini hehe

Semoga pandemi segera usai dan bisa membeli kue Ape lagi. Kata teman saya, selagi bisa membeli, kenapa harus bikin .. ish ish ish .. sesekali boleh lah yaa. Tapi saya tetap mengutamakan membuat makanan sendiri di rumah, agar anak-anak semakin survive dalam menghadapi segala macam bencana.
Labels: Cemilan, Jajanan, Kue Ape, Resep, Resep Kue Ape

Thanks for reading Resep Kue Ape ala Rumahan. Please share...!

0 Komentar untuk "Resep Kue Ape ala Rumahan"

Hai, selamat datang di dapur ummi dan salam kenal. Silakan sematkan komentar agar saya tahu artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Back To Top